Meski ada Virus Corona, Hasil Panen Cukup Baik

Persawahan di Siantar
Areal persawahan di Kota Siantar/Foto: abhotneo

Terkini.id, Siantar – Di tengah pandemi corona, selain berdampak kepada mental dan kondisi psikologi masyarakat, tentu juga berdampak kepada sendi lainnya, salah satu yang terutama adalah sendi perekonomian.

Hal ini diakui oleh Mei, yang saban hari selain aktivitas kesehariannya bertani padi, ia juga berjualan jajanan makanan ringan di depan salah satu Sekolah Dasar Negeri tak jauh dari kediamannya di Marihat, Kota Siantar.

Mei juga mengatakan bahwa secara manusia, tentu ada ketakutan dalam dirinya akan adanya virus Corona yang cukup membahayakan seperti saat-saat sekarang ini.

“Bagaimana tidak, di televisi kita tonton begitu banyaknya orang yang meninggal akibat virus ini. Nggak di Cina, Itali, negara-negara lain, termasuk Indonesia,” kata Mei lirih.

Meski demikian, Mei dan Siahaan suaminya bersama ketiga putranya, juga pantas menaruh rasa syukur kepada Tuhan Maha Pencipta, walau ada wabah yang berbahaya, hasil panen padi milik keluarganya, kemarin Jumat (20/3/2020) berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik pula.

“Kami pantas bersyukur saat ada virus berbahaya seperti Corona saat ini, proses panen padi kami kemarin Jumat bejalan dengan aman dan lancar,” kata Mei.

Sambung Mei lagi, “Bahkan, hasil yang kami dapatkan baik, ya tidak mengecewakanlah seperti tahun-tahun yang lalu banyak dimakan tikus. Panen kali ini, lumayan dan tetap harus disyukuri.”

Tidak hanya Mei, para petani lainnya yang masih berada dengan lokasi persawahan Mei di daerah Marihat yang berbatasan dengan Kabupaten Simalungun, hanya dipisahkan oleh sungai, juga memperoleh hasil panen yang baik juga.

Beberapa petani di daerah ini mengaku, kebiasaan baik yang rutin mereka lakukan pasca panen akan ada acara doa ucapan syukur bersama atas hasil panen nantinya, sekitar satu bulan setelah masa panen.

Mereka menyebutnya dengan istilah dalam bahasa daerah (Batak) yakni Pesta Gotilon yang artinya mensyukuri hasil panen yang ada dan mempersembahkan sebahagian hasil panen tersebut ke gereja.

Konten Bersponsor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar